20 Maret 1978

Tina Borneo 78

Anak Petani Berani Bermimpi Besar

Media Belajar 11.53 |


Anak Petani Berani Bermimpi Besar itulah sebagian cerita dalam buku Biografi Prof.Dr.H.Samion H.AR, M.Pd Inspirator dan Motivator Pendidikan di Kalimantan Barat. Buku biografi ini saya baca untuk memenuhi  tugas makalah Bahasa dan Sastra Indonesia. Banyak cerita dan perjalanan hidup yang patut direfleksikan terutama keteladanan, keuletan, kemandirian dan komitmen beliau sehingga bisa menjadi tokoh pemimpin di STKIP PGRI Pontianak. Masa kecil Prof.Dr.H.Samion H.AR, M.Pd yang biasa disapa On oleh kedua orang tua dan teman-temannya berasal dari desa terpencil dan berlatih mandiri sejak kecil menjadi buruh penyadap karet dan menjadi pembantu rumah tangga demi sekolah. Ketika menjadi pembantu rumah tangga, beliau bangun pukul 02.00 wib untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Beliau dengan senang hati mengerjakan pekerjaan rumah seperti menanak nasi, memasak air, mengangkut air, mencuci pakaian. Namun, dengan semangat, ketekunan, dan keuletannya beliau berani bermimpi untuk menjadi orang luar biasa. Mimpi itu sekarang sudah berada dalam genggamannya.

Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa. Pendidikan menjadi pilar yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa, sehingga diperlukan sosok-sosok teladan dalam pendidikan untuk mewujudkannya. Tidak hanya dibutuhkan sosok pendididk yang pandai tetapi juga harus baik. Dengan demikian, akan diperoleh ide-ide cemerlang dalam pengembangan pendidikan. Beliau salah satu sosok pendidik yang selalu memotivasi dan menginspirasi generasi muda di Kalimantan Barat.

Menurut para penulis beliau sosok yang sangat berwibawa bagi dosen dan karyawan di kampus. Beliau selalu mengayomi, seperti seorang bapak kepada anak-anaknya. Segala permasalahan dalam lembaga selalu diselesaikan dengan sentuhan hati tanpa menyakiti. Beliau selalu memikirkan kesejahteraan dan kemajuan dosen dan karyawan STKIP PGRI Pontianak untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Itulah kutipan dari  Muhammad Lahir, M. Pd, Dosen Pengajar dan Sekretaris di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Pontianak.

Beliau sosok yang memiliki kepribadian tegas, disiplin dan bijaksana. Beliau selalu memberikan semangat dan perhatian kepada seluruh dosen dan karyawan di setiap kesempatan. Beliau selalu mengatakan, “ untuk menjadi manusia itu membutuhkan proses waktu yang sangat lama “, seseorang tidak akan menjadi orang dalam waktu setahun, dua tahun, tetapi harus terus gigih, tekun, dan ulet secara terus menerus untuk mencapai kesusksesan ( Muhammad Zikri, dosen di STKIP ).

Pak Samion ini orangnya sangat ulet dan tekun. Beliau selalu konsentrasi pada pengembangan akademik untuk menyiapkan calon guru dan peningkatan profesionalisme guru di Kalimantan Barat. Beliau seorang pekerja keras yang selalu berpikir secara makro untuk pengembangan pendidikan di Kalimantan Barat dan tidak hanya di Pontianak. Beliau memiliki sifat keterbukaan dengan siapa saja. Beliau adalah orang nomor satu dalam dunia pendidikan yang layak diteladani oleh genrasi muda, guru, dosen, dan praktisi pendidikan di Kalimantan Barat dan Indonesia ( Dr. Hj. Herawati Arba’in Zaenal, M.Si ).

Sosok energik dan multitalenta dalam memimpin sebuah lembaga. Beliau sangat visioner dan berpikir untuk kemaslatan pendidikan. Dalam mengembangkan lembaga, beliau sangat berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan harmonis dalam berbagai konteks. Keunggulan dan keuletan beliau dapat menjadi cermin dan teladan bagi seluruh civitas akademika di STKIP PGRI Pontianak ( Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum ).

Salam sukses dan luar biasa untuk seluruh para pendidik dan masyarakat di Kalimantan Barat ( Dikutip dari Buku Biografi SAMION H. AR. Inspirator dan Motivator Pendidikan di Kalimantan Barat )

0 komentar:

Ads 468x60px

Featured Posts